Jumat, 06 Juli 2012

LABU AIR DALAM AL-QUR'AN


LABU AIR (Lagenaria leucantha (Duch.) Rusby)
A.    Labu dalam Al-Qur’an
Di dalam Al-Qur’an  terdapat banyak ayat-ayat tentang tumbuh-tumbuhan dimana tanaman-tanaman tersebut mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia dan semua makhluk di bumi. Sebelum berkembangnya ilmu teknologi Al-Qur’an telah menyebutkan beberapa tanaman yang mempunyai manfaat tersebut. Salah satunya adalah Labu yang dijelaskan dalam QS. (Ash-Shaffat: 139-147).
وَإِنَّ يُونُسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ -١٣٩- إِذْ أَبَقَ إِلَى الْفُلْكِ الْمَشْحُونِ -١٤٠- فَسَاهَمَ فَكَانَ مِنْ الْمُدْحَضِينَ -١٤١- فَالْتَقَمَهُ الْحُوتُ وَهُوَ مُلِيمٌ -١٤٢- فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنْ الْمُسَبِّحِينَ -١٤٣- لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ -١٤٤- فَنَبَذْنَاهُ بِالْعَرَاء وَهُوَ سَقِيمٌ -١٤٥- وَأَنبَتْنَا عَلَيْهِ شَجَرَةً مِّن يَقْطِينٍ -١٤٦- وَأَرْسَلْنَاهُ إِلَى مِئَةِ أَلْفٍ أَوْ يَزِيدُونَ -١٤٧- -
Artinya:“"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (ingatlah) ketika ia lari, ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. Maka ia di-telan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, nescaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari kebangkitan. Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedang ia dalam keadaan sakit. Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu. Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih.." (Ash-Shaffat: 139-147).
Ayat ini menceritakan kisah Nabi Yunus setelah ditelan ikan paus kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkannya dan menumbuhkan pohon yaqtin atau labu.
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa seorang penjahit mengundang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menghadiri suatu jamuan makan. Kata Anas ; “ Aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut , Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah ( gangan) berisi labu dan dendeng .  Aku melihat Rasulullah mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu “. ( Riwayat Muslim ).
   Buah labu merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah. Bahkan beliau menyuruh isterinya Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya .  Dalam kitab al-Ghailaaniyyat diceritakan ; Rasulullah pernah minta kepada Aisyah untuk memperbanyak labu saat memasak sayur. “ Sesungguhnya labu itu dapat mengobati kesedihan hati “ kata Rasulullah.
Labu, salah satu makanan yang biasa dikonsumsi Rasulullah, SAW adalah tanaman yang oleh para ilmuwan telah dijadikan tema riset dan analisis, di mana akhirnya atas izin Allah mereka menemukan khasiatnya yang luar biasa.
Bukhari telah membuat bab khusus tentang labu, dalam kitabnya. Di dalamnya disebutkan hadits Nabi SAW. yang diriwayatkan dari Anas : "Bahwa Rasulullah, SAW datang kepada seorang budaknya yang ahli menjahit, budak itu menyuguhkan labu, lantas beliau terus memakannya. Saya jadi suka makan labu semenjak saya melihat Rasulullah SAW memakannya".
Abu Thalut berkata, "Aku masuk ke rumah Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, yang ketika itu dia sedang memakan labu, seraya berkata, "Ada apa sebenamya kamu ini wahai labu. Aku tidak menyukaimu melainkan kerana Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyukaimu.
B.     Labu air
Labu air merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh menjalar, memiliki batang yang berbentuk persegi, dengan alat pembelit. Daunnya tunggal bertangkai silindris, permukaan kasar dan berwarna hijau. Bunga berumah satu diketiak daun, berwarna kuning kehijauan, memiliki 5 mahkota, 5 benang sari, dan 3 putik. Buah bulat memanjang dan berwarna hijau kekuningan, dengan kulit yang bertekstur keras.Biji buah banyak, pipih, lonjong, dan berwarna putih dan berakar tunggang.








Secara sistematika taksonomi adalah sebagai berikut :
Tanaman Labu air.jpgKlasifikasi
Kingdom Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom  Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas Dilleniidae
                         Ordo Violales
                             Famili
Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
                                 Genus
Lagenaria
                                     Spesies Lagenaria leucantha (Duch.) Rusby
bottle-gourd.jpgManfaat labu air
Obat-obatan alami bagi manusia telah disediakan oleh Allah SWT untuk kita gunakan sebaik-baiknya, misalnya dengan menggunakan berbagai macam tumbuhan yang ada di sekitar kita. Baik dikonsumsi secara tunggal maupun dikomposisikan dengan bahan lainnya. Salah satu hasil bumi yang mudah kita jumpai disekitar kita adalah labu. Ya, buah ini mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita
Buah labu bersifat dingin dan basah yang memberikan asupan gizi ringan, sifatnya yang lembut dan berair  dapat memberikan suntikan makanan yang lembab serta sangat cocok untuk mereka yang kedinginan dan kelebihan lender.
Airnya  dapat  menghilangkan haus dan sangat bergizi , dapat melarutkan lender . jika ditumbuk atau diparut lalu dibalutkan dibagian atas kepala dapat membantu mengatasi radang otak.
Perasan airnya jika dicampur dengan dengan air mawar , lalu diteteskan ketelinga berkhasiat mengatasi pembengkakan telinga.
 Labu juga berkhasiat untuk mengobati bengkak mata dan encok panas. Selain itu ia dapat mengendalikan kadar gula darah. Bagi mereka yang menderita demam dianjurkan mengkonsumsi labu.
    Pada biji labu merah mengandung mineral Zn(seng) dan Mg(Magnesium) yang sangat penting intuk kesehatan organ reproduksi , termasuk kelenjar prostat.
Buah ini amat berkhasiat bagi mereka yang memiliki pencemaran panas dan terserang demam. Kalau di dalam lambung bertemu dengan makanan yang tidak baik, bisa segera terkontaminasi sehingga kembali ke asalnya dan menjadi rusak serta menimbulkan ampas yang tidak baik pula. Cara mengatasinya adalah mencampurnya dengan cuka dan yang pahit-pahit. Kesimpulannya, labu termasuk makanan paling lembut dan paling cepat bereaksi. Diriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah seringkali memakan labu.
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahawa unsur dalam labu sangat berkesan untuk melawan bakteria. Kadar keberkesanannya berbeza-beza bergantung pada perbezaan jenis labu, bahagian yang digunakan dan jenis bakterianya. Memang yang paling berkesan untuk melawan bakteria adalah madu.Kaitannya dengan bakteria, kadar kepekaan untuk melawan bakteria gram positive, lebih kuat daripada bakteria gram negative. Semua ini menguatkan pengaruh labu untuk pengubatan secara prefentif dan kuratif untuk melawan mikroba. Penelitian dengan topik yang sama masih terus belanjut, yang pada intinya menegaskan keberkesanan labu untuk melawan pelbagai jenis serangga, yang bererti juga untuk melawan pelbagai jenis penyakit yang ada pada serangga.
Apakah keberkesanan labu ini dapat dikaitkan dengan keadaan Yunus Alaihis-Salam setelah beliau keluar dari perut ikan paus? Tanpa harus melihat tindakan Yunus Alaihis-Salam yang langsung memakan labu sesaat setelah keluar dari perut ikan ataupun keadaannya tanpa memakannya, namun labu ini merupakan jenis makanan yang bagus, mudah dicerna, tidak membebani kerja perut dan usus, sangat berkesan untuk mengubati sakit hati, ketuaan dan pada masa-masa penyembuhan penyakit secara umum.






LABU AIR (Lagenaria leucantha (Duch.) DALAM AL-QUR’AN
Untuk memenuhi Tugas Taksonomi Tumbuhan Tinggi


Dosen pengampu:
Ainun ni’maty laily M.si

Disusun oleh:
Luluk maftuhah (10620008)


UIN Malang.JPG


JURUSAN BIOLOGI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar