Kamis, 05 Juli 2012

tanaman pekarangan atau perkebunan


DISKRIPSI TUMBUHAN YANG TUMBUH
DI PEKARANGAN RUMAH
Dosen Pembimbing :
Drs. Sulisetjono, M.Si
Ainun Nikmati Laily,M.Si





Disusun oleh             :
1.      Munawwarotur Rohmah        (10620001)
2.      Luluk Maftuhah                      (1062000
3.      Ayu Kusuma Dewi                (1062000
                          

JURUSAN BIOLOGI

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2011





TUMBUHAN YANG TUMBUH DIPEKARANGAN RUMAH
1.      MANGGA
Adapun taksonomi mangga adalah
Kingdom plantae
      Sub kingdom tracheobionta
                  Divisi magnoliophyta
                              Kelas magnoliopsida
                                          Sub kelas rosidae
                                                      Ordo spindales
                                                                  Family anacardiaceae
                                                                              Genus mangifera
                                                                                          Spesies mangifera indica
Mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (perdu) dan termasuk kelompok arberous yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. manga bisa mencapai tinggi 10-40 m.
Habitat
Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.
Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dapat dipadukan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga dan pada pihak lain, kata ini dibawah kea rah oleh orang-orang portugis dan diserap menjadi manga (Portugis), mango (bahasa inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: (pohon) yang berubah manga.
Daun
Daun mangga terdiri dari dua bagian, yaitu tangkai, daun dan badan daun.Badan daun bertulang dan berurat-urat, antara tulang dan urat tertutup daging daging daun, daging daun terdiri dari kumpulan sel-sel yang tak terhingga banyaknya.Daun letaknya bergantian, tidak berdaun penumpu. Panjang tangkai bervariasi dari 1,25-12,5 cm. bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8 tetapi mungkn medekati ujung, letaknya makin berdekatan sehingga nampaknya seperti dalam lingkaran.
Akar
Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, dari cabang akar ini tumbuh cabang kecil-kecil, cabang kecil ini ditumbuhi bulu-bulu akar yang sangat halus. Akar tunggang pohon mangga sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m., pemanjangan akar tunggang akan berhenti bila mencapai permukaan air tanah. akar cabang makin kebawah makin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30-60 cm.
Batang
Batang merupakan bagian tengah dari suatu tumbuh-tumbuhan yang tumbuh lurus keatas.Bagian ini mengandung zat-zat kayu, sehingga tanaman mangga tumbuh tegak, keras, dan kuat.Bentuk batang mangga tegak, bercabang agak kuat, daun lebat membentuk tajuk yang indah berbentuk kubah, oval atau memanjang.Kulitnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun.Warna kulit yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.Berikut ini beberapa perbedaan pohon mangga yang berasal dari biji dengan pohon mangga yang berasal dari sambungan atau tempel.Berasal dari biji Berasal dari sambungan atau temple.Batang pada umunya tegak, kuat dan tinggi batang lebih pendek dan cabangnya membentang Umur bisa mencapai lebih dari 100 tahun. Umur hanya mencapai 80 th, bahkan kurang. Mulai berbuah sesudah berumur lebih kurang 7 tahun Sudah mulai berbunga setelah berumur 1 tahun.
Bunga
Bunga mangga dalah bunga majemuk. Dalam keadaan normal bunga majemuk tumbuh dari tunas ujung, sedang tunas yang asalnya bukan dari tunas ujung tidak menghasilkan bunga, tetapi ranting daun biasa. rangkaian bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada juga yang tidak berbulu. Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yang mempunyai banyak cabang utama.Setiap cabang utama ini mempunyai banyak cabang-cabang, yakni cabang kedua.Ada kemungkinan cabang bunga kedua ini mempunyai suatu kelompok yang terdiri dari 3 bunga atau mempunyai cabang tiga.Setiap kelompok tiga bunga terdiri dari tiga kuntum bunga dan setiap kuntum bertangkai pendek dengan daun kecil.Jumlah bunga pada setiap bunga majemuk bisa mencapai 1000-6000.Setiap rangkaian bunga ada bunga jantan dan bunga hermaprodit (bunga byang berkelamin dua yakni jantan dan betina).Besarnya bunga lebih kurang 6-8 mm. Bunga jantan lebih banyak dari bunga hermaprodit.dan jumlah bunga hermaprodit inilah yang menentukan terbentuknya buah, dan yang mempunyai bakal buah normal kira-kira 5-10%. Bunga mangga biasanya bertangkai pendek, jarang sekali yang bertangkai panjang dan baunya harum. Prosentase bunga hermaprodit bermacam-macam, tergantung dari varietasnya\\, yaitu dari 1,25%-77,9%.
Bakal buah
Bakal buah ini tidak bertangkai dan terdapat dalam suatu ruangan, serta terletak pada suatu piringan.Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentknya sederhana.Dalam suatu bunga kadang-kadang terdapat tiga bakal buah.
Buah
Buah mangga termasuk kelompok buah batu yang berdaging. Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm.Bentuk buah ada yang bulat, bulat telur atau memanjang dan ada juga yang bentuknya pipih. Warnanya bermacam-macam, ada yang hijau, kuning, merah atau campuran. Pada bagian ujung buah,ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Diatas paruh ada bagian  yang memebengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan kebagian perut. Bagian belakang disebut punggung.Kulitnya tebal dan ada kelenjer, dagingnya tebal dan ada yang kuning tergantung jenisnya. Daging buah ada yang besar dan ada juga yang tidak besar, ada yang berair dan ada yang tidak berair, ada yangmanis dan ada yang kurang manis.
Biji
Biji letaknya didalam kulit niji yang keras, besarnya bervariasi.Biji terdiri dari dua keping, biji ada yang monoembryonal dan ada yang poliembryonal.
Manfaat
Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai
buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai.Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain.Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik.Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran.Kayu mangga cukup kuat, keras dan mudah dikerjakan; namun kurang awet untuk penggunaan di luar.Kayu ini juga dapat dijadikan arang yang baik.
Lokasi
JL. Joyo suko 60A Merjosari Lowok waru Malang 65144

2.      TOMAT

Adapun taksonomi tomat adalah
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi  Spermatophyta
Divisi  Magnoliophyta
Kelas  Magnoliopsida
Sub Kelas  Asteridae
Ordo  Solanales
Famili  Solanaceae
Genus Solanum
Spesies Solanum lycopersicum
Buah tomat merupakan salah satu jenis sayuran buah yang sangat dikenaloleh masyarakat, rasa buah tomat adalah menis – manis segar yang dapatmemberikan kesegaran pada tubuh kita, karena cita rasanya yang khas ini, buah tomat banyak digemari orang, cita rasa dan kelezatan buah tomat jugadapat manambah cita rasa dan kelezatan berbagai macan makanan danminuman.
Habitat
Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.
Daun
Daun tanaman tomat berbentuk oval, bagian tepinya bergerigi danmembentuk celah – celah menyirip agak melengkung kedalam.Daun berwarna hijau dan merupakan daun majemuk ganjil yang berjumlah 5 – 7.Ukuran daun sekitar (15 – 30 cm) x (10 x 25 cm) dengan panjang tangkaisekitar 3 – 6 cm. diantara daun yang berukuran besar biasanya tumbuh 1 – 2 daun yang berukuran kecil.Daun majemuk pada tanaman tomat tumbuh berselang seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman.Umumnya, daun tomat tumbuh di dekat ujung dahan atau cabang, memilikiwarna hijau dan berbulu.
Akar
Tomat memiliki akar tunggang yang bisa tumbuh menembus tanah,sekaligus akar serabut (akar samping) yang bisa tumbuh menyebar kesegala arah. Sayangnya, kemampuannya menembus lapisan tanah terbatas,yakni pada kedalaman 30-70 cm. Sesuai sifat perakarannya, tomat bisatumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan mengikat air.
Batang
Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, berbatanglunak tetapi cukup kuat, berbulu atau berambut halus dan diantara bulu –  bulu itu terdapat rambut kelenjar yang mampu mengeluarkan bau khas.Batang tanaman tomat berwarna hijau, pada ruas – ruas batang mengalami penebalan, dan pada ruas bagian bawah tumbuh akar – akar pendek. Selainitu, batang tanaman tomat dapat bercabang dan apabila tidak dilakukan pemangkasan akan bercabang banyak yang menyebar secara merata. Tinggi batang tomat bisa mencapai 2-3 meter.
Bunga
Bunga tanaman tomat tergolong sempurna (hermaphrodite), yaknimemiliki organ jantan (benang sari) dan organ betina (kepala putik) pada bunga yang sama. Dengan demikian, tomat bisa melakukan penyerbukansendiri, sekaligus mampu melakukan penyerbukan silang dengan bantuanserangga, seperti lebah.Penyerbukan silang lebih umum terjadi di daerahtropis dibandingkan dengan di daerah beriklim sedang.
Ukuran bunga relatif kecil dengan diameter sekitar 2 cm. Bunga berwarna kuning dan tersusun dalam satu rangkaian (dompolan) dengan jumlah 5-10 bunga setiap dompolan, tergantung pada varietasnya. Dalamsatu kuntum bunga terdapat 5-6 helai mahkota yang berwarna kuningcerah dan berukuran sekitar 1 cm, bertangkai pendek dengan kepala sariyang panjangnya 5 mm. Kelopak berjumlah lima buah, berwarna hijau,dan terletak di bagian bawah atau pangkal bunga.
Benang sari berjumlah enam buah, bertangkai pendek dengan kepalasari yang panjangnya 5 mm, dan berwarna sama dengan mahkota bunga.Pada benang sari terdapat kantong yang letaknya menjadi satu danmembentuk bumbung yang mengelilingi tangkai kepala putik. Bungatomat tumbuh dari cabang yang masih muda dengan letak menggantung.
Tangkai putik yang pendek menyebabkan kepala putik terletak  berdekatan dengan tabung sari. Akibatnya, tomat menjadi sulit untuk melakukan penyerbukan silang.Dengan demikian, persentase menyerbuk sendiri secara alami menjadi sangat tinggi. Bahkan di daerah beriklimsedang, nilai penyerbukan silang alami mencapai 0,5-4%.
Buah
Buah tomat memiliki bentuk bervariasi, tergantung pada jenisnya.Ada buah tomat yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjong, bulat telur (oval), dan bulat persegi.Ukuran buah tomat juga sangat bervariasi, yang berukuran paling kecil memiliki berat 8 gram dan yang berukuran besar memiliki berat sampai 180 gram. Buah tomat yang masih muda berwarnahijau muda, bila sudah matang warnanya menjadi merah.Buah tomat yang masih muda memiliki rasa getir dan aromanya tidak enak, sebab masih mengandung zat lycopersicin yang berbentuk lender.Aroma yang tidak sedap tersebut akan hilang dengan sendirinya pada saat buah memasuki fase pematangan hingga matang. Rasanya juga akan berubah menjadi manis agak masam yang menjadi ciri khas kelezatan buah tomat.
Biji
Biji tomat berbentuk pipih, berbulu dan berwarna putih, putihkekuningan atau coklat muda.Panjangnya 3-5 mm dan lebar 2-4 mm. Bijisaling melekat, diselimuti daging buah dan tersusun berkelompok dengandibatasi daging buah. Jumlah biji setiap buahnya bervariasi,tergantungpada varietas dan lingkungan, maksimum 200 biji per buah.Umumnya, biji digunakan untuk bahan perbanyakan tanaman. Biji mulaitumbuh setelah ditanam 5-10 hari.
Lokasi
JL.Joyo Utomo blog G no.5 Merjosari Lowok Waru Malang

3.      BAYAM
Adapun taksonomi bayam adalah
Kingdom Plantae
            Subkingdom Tracheobionta
   Super Divisi Spermatophyta        
                                    Divisi Magnoliophyta
                                                 Kelas Magnoliopsida
                                                             Ordo Caryophyllales
                                                                        FamiliAmaranthaceae
                                                                                    Genus Amaranthus
SpesiesAmaranthus
hybridus

Bayam   yang   terkenal   dengan   nama  ilmiah  Amaranthus  sp  banyak dipromosikan   sebagai   sayuran   daun   yang   banyak   mengandung   gizi   bagi penduduk  di   negara   yang  sedang  berkembang.  Karena   kandungan  gizinya yang tinggi, maka sayuran bayam  yang  sering disebut  sebagai  raja  sayuran atau king of vegetable (Rahmat Rukmana, 1994).
Bayam(Amaranthussp)digolongkan famili  Amaranthaceae, margaAmaranthus. Sebagai family Amaranthaceae, bayam termasuk tanaman bunga yang tumbuh liar.Tanaman bayam mempunyai  struktur  batang,  daun, bunga,  dan alat reproduksi.   Batang   bayam   banyak   mengandung   air  (herbaceou),  tumbuh tinggi   di   atas   permukaan   tanah.   Bayam   tahun   kadang-kadang   batangnya mengeras   berkayu,  dan bercabang  banyak.  Percabangan  akan  melebar   dan tumbuh tunas baru bila sering dilakukan pemangkasan.
Habitat
Keluarga tanaman bayam memiliki sekitar 60 macam, terbagi dalamsekitas 800 spesies bayam ( Grubben, 1976 ). Dalam kenyataan dilapangan, penggolongan jenis tanaman bayam dibedakan atas dua macam, yaitu bayam budidaya dan bayam liar.
Tanaman bayam dapat tumbuh dengan baik dan sesuai pada ketinggian +2000 m diatas permukaan laut.Karena tanaman bayam cocok ditanam didatarantinggi maka curah hujannya juga termasuk tinggi sebagai syarat pertumbuhannya.Tanaman bayam memerlukan cahaya matahari penuh. Kebutuhan akan sinar matahari untuk tanaman bayam cukup besar. Pada tempat yang terlindungi/ternaungi, pertumbuhan bayam akan menjadi kurus dan meninggi akibat kurangmendapat sinar matahari penuh. Kelembapan udara yang cocok untuk tanaman bayam antar 40 – 60 %.Suhu udara yang cocok untuk tanaman bayamberkisar antara 16 – 20 derajat C.
Akar
Akar pada tanaman sayur bayam digolongkan dalam akar tunggang.Akar tunggang pada tanaman bayam bertujuan agar penyerapan air lebih banyak dalamtanah karena bayam sangan membutuhkannya dalam pertumbuhan.Selain itu akar tunggang memperkuat bayam supaya tidak mudah roboh jika diterpa angin.
Batang
Batang dari tanaman sayur bayam umumnya berair dan kurang berkayudan becabang – cabang. Batang pada tanaman ini berwarna hijau kemerah – merahan
Daun
Daun  bayam   umumnya   berbentuk   bulat   telur   dengan  ujung   agakmeruncing, dan urat-urat  daunnya  jelas.  Warna  daun bervariasi,  mulai  dari hijau muda, hijau tua, hijau  keputihan  sampai  warna  merah. Struktur  daun bayam liar umumnya kasap dan kadang-kadang berduri.
Tumbuhan bayam memiliki daun yang tersusun secara berselang-seling dengan rumus daun 2/5, sama seperti di atas angka 2 menunjukkan banyaknya putaran dan angka 5 banyaknya daun yang dilalui yang dihitung mulai dari nol. Sehingga dapat dihitung sudut dirvergensinya 2/5 x 3600 = 1440.
Bunga
Bunga  tersusun dalam  malai  yang tumbuh tegak,  keluar  dari  ujung tanaman  ataupun  dari   ketiak-ketiak  daun.  Bentuk  malai  bunga  memanjang mirip ekor kucing dan pembungaannya dapat berlangsung musim atau tahun.
Biji
Alat reproduksi umumnya secara generatif  (biji). Dari setiap tandan (malai)  bunga dapat dihasilkan ratusan hingga ribuan biji. Ukuran biji sangat kecil,   bentuknya   bulat   dan  berwarna   coklat   tua  mengkilap   sampai   hitam kelam, namun pada varietas maksi bijinya berwama putih sampai krem.
Manfaat  
Secara umum, bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan.daun bayam dapat digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut serta mengobati tekanan darah rendah, kurangdarah ( anemia ) dan gagal ginjal.Selain itu, bayam memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat macular degeneration ( usia yang menua ) dan penyakitkanker. Bayam adalah sumber lutein dan folate yang bagus, yang dapatmembantu mencegah penyakit jantung dan bayi yang lahir cacat.Kandungan folic acid lyang terdapat dalam bayam mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glokosa yang mudah larut dan mengandungvitamin B9. Vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi perempuan yangmengandung untuk melindungi bayi lahir cacat pada bagian syaraf.Manfaat bayam lainnya yaitu mengurangi pembentukan batu empedukarena bayam mengandung magnesium selain ikan, alpukat, pisang dll. Sayur  bayam juga mengandung zat besi pencegah anemia akan tetapi zat besi dalam bayam sulit untuk diserap.
Lokasi
JL. Joyo suko 60A Merjosari Lowok waru Malang 65144

4.      BUNGA SEPATU
Adapun taksonomi dari bunga sepatu adalah
Kingdom     Plantae
Divisi   Magnoliophyta
Kelas     Magnoliopsida
Ordo    Malvales
Famili  Malvaceae
Genus Hibiscus
Spesies Hibiscus rosa-sinensis L.
Bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis.Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau.Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.Di Sumatera dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya.Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960.Orang Jawa menyebutnya kembang worawari.

Habitat
Habitat Bunga Sepatu hidup di tanah yang subur dan memerlukan sinar matahari penuh untuk tumbuhnya.Sebaliknya batang bunga sepatu dipotong secara teratur (sesuai dengan keinginan) agar dapat berbunga lebih lebat. Pengembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan cara stek batang.
Batang
Batang pada tumbuhan ini bulat, berkayu, keras, diameter ± 9 cm, masih muda ungu setelah tua putih kotor.
Daun
Daunnya merupakan daun tunggal, tepi beringgit, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang 10-16 cm, lebar 5-11 cm, hijau muda.
Bunga
Bunga terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga.Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida.Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 5 cm. hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga.Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping.Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah.
Buah
 Buah pada tanaman ini nampak kecil, lonjong dengan diameter ± 4 mm,apabila masih muda berwarna putih setelah tua coklat.
Biji
Biji pada tanaman ini nampak pipih dan mempunyai warna putih.
Akar
Akar pada tanaman ini termasuk akar tunggang dan mempunyai warna coklat muda.

Manfaat
Manfaat Bunga  sepatu(Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah mengobati air kemih bernanah (gonorrhoea), batuk lendir dan darah,batuk rejan (pertussis) , radang saluran napas (bronkliitis),demam karena malaria,gondongan (parotitis),infeksi saluran kemih,keputihan,melancarkan haid dan mengatasi haid tidak teratur, mimisan (epistaxis),r adang selaput ikat mata (conjunctivitas),r adang usus (enteritis),sariawan (aphthae),tuberkalosis (TBC).
Lokasi
JL. Joyo suko 60A Merjosari Lowok waru Malang 65144
5.      BUNGA BUGENVIL
Adapun taksonomi dari bunga bugenvil adalah
Kingdom          Plantae
                         Divisi   Magnoliophyta
                                     Kelas   Magnoliopsida
                                                 Ordo    Caryophyllales
                                                             Famili  Nyctaginaceae
                                                                         Genus  Bougainvillea
                                                                                     Spesies  Bougainvillea spectabilis


Habitat
Merupakan tanaman asli meksiko dan dapat ditemuan sampai ketinggian 1.400 m dpl.tanaman ini menyukai tempat2 terbuka yang terkena cahaya matahari. Biasa ditanam secara bergerombol ditaman2 ataus di pekarangan sebagai tanaman hias atau bunganya digunakan sebagai bunga potong.
Akar
Sistem perakarannya  adalah tunggang. Dengan akar-akar cabang yang melebar ke semua arah dengan kedalaman 40  cm – 80 cm. Akar yang terletak dekat permukaan tanah kadang tumbuh terus atau akar bakal tanaman bara.
Batang
Bougenville  merupakan perdu yang memanjatdan menggantung, tinggi 0,3 m – 10 m. batang memiliki cabang berkayu bulat, beruas, dan memiliki diameter 5 mm – 8 mm, berwarna coklat dan majemuk. Tegak atau sedikit memanjat, bersegi, percabangan simpodial, berduri yang berbentuk kait, masih muda hijau setelah tua hitam.
Bunga
Bunga bogenville termasuk bunga majemuk, payung 3  – 15 bunga. Bunga beranekaragam ada kuning, merah, merah jambu, ungu, putih dan sebagainya.  Kelopak bunga berbentuk tabung 2 – 4 mm. taju bunga 5 -8, berbentuk paku, berambut halus.
Daun
Pasangan daun yang sama dihubungkan dengan tonjolan yang melintang. Daun menyirip berdaun satu, helaian daun lebar bulat sampai memanjang, bertepi rata, bertulang menyirip atau bertulang tiga sampai lima. Tunggal, berhadapan, lonjong, ujung runcing, pangkal membulat,panjang 4-10 cm, lebar 2-6cm, pertulangan menyirip, hijau.
Buah
Bougenville memiliki buah buni yang masak hitam mengkilat, panjang 1 cm.
Biji
bebiji dua atau karena kegagalan berbiji satu dan tidak memiliki lekukan.

Manfaat
Manfaat Bougainvillea spectabilis adalah untuk mengobati penyakitHepatitis,bisul,keputihan,darah bergumpal ketika haid,disentri,kencing nanah,sakit pada puting susu.
Lokasi
JL.Joyo Utomo blog G no.5 Merjosari Lowok Waru Malang

6.      KEMANGI

Kingdom Plantae
            Subkingdom  Tracheobionta
                        Super Divisi Spermatophyta
             Divisi Magnoliophyta
                                     Kelas Magnoliopsida
                                           Sub Kelas Asteridae
                                                            Ordo Lamiales
                                                                                    Famili Lamiaceae
                                                                                              Genus  Ocimum
                                                                                          Spesies Ocimum sanctum L.

Kemangi  (Ocimum sanctum) merupakan tanaman semak semusim dengan tinggi antara 80 – 100 cm. Batang  bercabang banyak, berkayu segi empat, berbulu berwarna  kecoklatan. Daun tunggal bulat lancip, tepi bergerigi, panjang daun 4 – 5 cm dan lebar 6 – 30 mm. Bunga berwarna putih atau ungu. Tanaman mudah tumbuh di ladang atau di tempat terbuka lainnya.Selasih mempunyai enam kuntum bunga, megikuti urutan dari atas ke tengah.Kelopak bunganya bewarna hijau keunguan dan bagian atas bunganya bewarna putih atau merah jambu pucat.Selasih mempunyai bau yang khas dan harum.Selain juga dipenggil ruku – ruku atau ruku – ruku hitam.Jenis selasih yang sering di jumpai adalah kemangi.Kemangi ada yang berdaun agak keriting dan ada pula mempunyai daun yang agak kecil dan sering di makan sebagai ulam.
Daun
Lapisan kutikula / lilin (selapis), epidermis atas (pada tanaman muda ditemukan trikomata), jaringan mesofil (daging daun), mengandung kelenjar minyak atsiri yang dimanfaatkan sebagai penghasil minyak atsiri (untuk komersial ), berkas Pengangkut yakni xylem dan floem (tersusun teratur), epidermis bawah (terdapat stomata/mulut daun).
Batang
Lapisan epidermis, jaringan parenkim korteks, terdapat kolenkim sebagat jaringan penguat, lapisan endodermis (2 lapis), stele (silinder pusat), terdiri dari berkas pengangkut xylem (terdapat serabut sklerenkim) dan floem yang tersusun melingkar teratur berselang-seling (ukuran xylem lebih besar daripada floem), empulur dan jari-jari empulur pada pusat stele.
Akar
Susunan anatomi akar hampir sama (identik ) dengan anatomi pada batang, hanya saja pada akar tidak terdapat empulur dan jari-jari empulur (tidak ada perkembangan xylem).
Bunga
Kelopak bunga (calyx) berwarna hijau (mengandung pigmenklorofi l), dapat sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, sifatnya gamosepalus (sepala berlekatan satu sama lain), mahkota bunga ( corolla ) berwarna putih merah muda, siftnya polyopetalus (petala tidak berlekatan 1 sama lain), merupakan bunga hermaprodhite  (memiliki putik/pistillum dan benang sari / stamen), terdpat ovarium (bakal buah) dan ovulum (ovulum).
Buah
Terdiri dari Epikarpium  (lapisan paling luar yang tebal dan bersisik, untuk tnaman yang sudah tu, pada buah yang masih muda belum terdapat sisik), Mesokarpium (daging buah) dan Endokarpium, terdapat sekat / septum, terdapat biji / semen pada ujung buah.
Manfaat
Kemangi (Ocimum canum) lebih sering digunakan sebagai lalap.Ada juga yang menggunakannya sebagai campuran sayur tertentu.Sayuran ini memiliki aroma harum dan rasa yang khas.Belum banyak petani yang mengusahakan kemangi dalam skala besar, paling hanya di sepetak tanah saja.Ini dikarenakan nilai komersial sayur kemangi memang masih rendah.
Lokasi
JL. Joyo suko 60A Merjosari Lowok waru Malang 65144





DAFTAR PUSTAKA
Iryanti, Rina. 2010. Bertanam mangga.
http://www.iptek.net.id/ind/teknologi pangan/ 23 Maret 2012
Dasuki, U. A. 1994. Sistematik Tumbuhan Tinggi. Bandung: ITB.
Harianto,Bagus. 2007.Panduan Lengkap Budi Daya Tomat.Jakarta : PT. AgroMedia Pustaka.Silvy dan Rian. 2002.
Hartono, Rizal. 2010. Bunga sepatu. 
http://www.ksu.pointer.com/ 23 Maret 2012
Tjitrosoepomo, Gembong. 2005. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Tugiyono, Herry. 2010.
http://warintek.progressio.or.id/pertanian bayam.htm/ 23 Maret 2012
 Winarto, W.P dan Tim Lentera. 2004.Bertanam Sayur Dalam Pot (Budidaya Tanaman Sayuran Hidroponik).Bandung : PT. Puri Pustaka.
Wiryanta, Bernardinus T, Wahyu. 2002.Bertanam Tomat. Jakarta : PT. AgroMedia Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar